Senin, 03 Desember 2012

Cinta & Pernikahan Dalam Islam

Cinta yang hanya ada dalam pernikahan membuat cinta tersebut terikat dengan sifat-sifat yang mulia, yang kemudian memuliakan cinta itu sendiri.

Cinta dan kesucian

Cinta yang hanya ada dalam pernikahan adalah cinta yang suci dan mahal. Ia bukan ‘cinta’ yang diobral murah seperti murahnya cinta monyet yang diobral oleh para ababil (ABG labil). Ia bukan cinta gonta-ganti yang dipertontonkan di sinetron-sinetron remaja. Ia adalah cinta yang insyaallah hanya dikeluarkan sekali oleh mereka yang saling mencinta, kecuali Allah berkehendak lain. Ia adalah cinta yang sebagian besar dikeluarkan setelah melalui perenungan panjang. Ia adalah cinta yang sebagian besar dikeluarkan setelah berkomunikasi intensif dengan Allah melalui solat Istikharah, doa-doa panjang di akhir sholat wajib dan di sepertiga malam terakhir, dll. Ia juga adalah cinta yang diharapkan dapat menjaga pemiliknya dari dosa dan tindak maksiat.

Cinta dan komitmen

Cinta yang hanya ada dalam pernikahan adalah cinta yang berpadu dengan komitmen. Dua orang beriman yang menikah berarti berkomitmen untuk saling mencintai, sebagaimana mereka berkomitmen untuk hidup bersama dan saling mengisi diantaranya. Sejatinya ketika dua orang yang beriman menikah, mereka akan mempertahankan cinta diantaranya sebagaimana mereka mempertahankan pernikahannya, dalam rangka menghindari perceraian yang dibenci Allah.

Cinta dan tanggung jawab

Cinta yang hanya ada dalam pernikahan adalah cinta yang berpadu dengan tanggung jawab. Dua orang beriman yang menikah merupakan pertanda bahwa mereka siap untuk menjalankan salah satu tugas anak Adam: menghasilkan keturunan yang soleh dan solehah yang kelak akan menjadi khalifah di muka bumi. Mereka siap untuk menjadi orang tua yang akan bertanggung jawab mendidik anak-anaknya. Mereka siap untuk membentuk keluarga yang akan menjadi tempat belajar pertama sang anak.

Cinta dan ibadah

Dan tentu saja, cinta yang hanya ada dalam pernikahan adalah cinta yang berpadu dengan keinginan untuk beribadah. Ia adalah cinta yang didasari pemahaman bahwa menikah adalah menyempurnakan separuh agama. Ia adalah cinta yang didasari pemahaman bahwa melayani suami dan memberi nafkah lahir batin pada istri adalah ibadah. :)

Wallahualam,..


Judul: Cinta & Pernikahan Dalam Islam
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
By Annang Wibowo
Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat... Silahkan tulis kritik dan saran di kotak komentar
Barakallahu Fiikum