Jumat, 18 Januari 2013

HABIB SYAIKHON DAN KELAKUAN NYLENEHNYA



Habib Syaikhon Dan Kelakuan Nylenehnya
Ini adalah kisah nyata...! DIJAMAN KINI ENTAH KARENA TINGKATAN JIWANI KESUFIANNYA, ENTAH BUKTI KAROMAH KEWALIANNYA,  ATAU PENGARUH DARI SEBAGIAN ORANG YANG MENGATAKAN BELIAU MASIH ADA SISILAH AHLUL BAIT...

Bukannya mau mempublikasikan atau pengkultuskan seseorang namun tak lebih hanya sekedar berbagi cerita nyata dari banyak saksi mata, dan sebenarnya keluarganya tidak mau berita dan gambar dipublikasikan. Di google pun sudah banyak yang dihapus namun saya bertujuan baik dengan I’tikad baik mengambil sedikit pelajaran untuk berbagi wawasan keluasan cara pandang :

*)Suatu ketika sebut saja Si A bersama Jama’ah mau berangkat ke acara Maulidan lalu sambil lewat menyapa sang habib: “ Beib yo kita Maulid nanti kemaleman !” Si Habib menjawab sambil marah2: ”Sudah sana heh Kyai ente aja duluan ! nanti ane nyusul brisik aja !”

Begitu tiba di majelis, ternyata entah lewat mana sang Habib itu sudah berada dideretan jama’ah terdepan bersama para habaib dan ulama lainnya.
Si A hanya berkata : “subhanalloh “ sambil senyum senyum dan geleng geleng kepala. Kemudian menyalami sambil peluk ahlan wasahlan sang Habib berkata: “Hehehe… barokah afwan ane sampe duluan ente belakangan, kikikik... semuanya ayo... mari, tafaddhol...”

Selesai acara dan doa hindangan keluar, keunikan lagi terjadi semua hidangan diacak-acak oleh beliau, semua dicomot dicobain, yg belum tahu hanya tercengang, si A sempat memberitahu agar dibiarkan tingkahnya itu, dan ulama-ulama yang lainpun hanya senyum lalu berdoa komat kamit... terdengar sebait “barakallah... Insyaallah”

Habib Syaikhon Dan Kelakuan Nylenehnya 

*)Dan yang lebih mengherankan lagi sewaktu adzan maghrib berkumandang tepat di depan Musholla, Habib Syaikhon membawa gitar dan teriak teriak disaat jama'ah akan melangsungkan sholat maghrib. Tentu saja hal ini membuat marah sang Marbot Mushollah, dengan lantang sang Marbot mencaci maki Habib Syaikhon habis habisan. Tiba tiba Habib Syaikhon menjepit leher Marbot tersebut dan di benamkan kedalam ketiaknya. Dan tiba tiba marbot tersebut menangis sambil mengatakan ”Saya lihat Mekkah... saya lihat Ka’bah..." dan Marbot tersebut segera meminta maaf kepada Habib Syaikhon.

Habib Syaikhon Dan Kelakuan Nylenehnya

*)Sebuah rumah dari seorang keluarga pedagang kecil di siang hari tiba tiba didatangi sang habib tanpa permisi langsung masuk menyantap makan dimeja makan, sang shohibul bait hanya melongo tanpa berkata apapun kemudian setelah selesai hanya pamit: “teeerimaksih assalamu'alaikum...”

Heran dan tak habis fikir tuan rumah hanya melongo. Tapi aneh tak berapa lama sikeluarga pedagang itu mendapatkan rezeki yang tak disangka sangka dan kini telah menjadi pedagang besar dan kaya. Menurut segelintir cerita jika sebaliknya si Shahibul bait marah-marah tak terima akan ada dampak yang pasti pada keluarganya. Disebab juga ada cerita yg sebaliknya...

*)Kisah lain lagi seorang tukang ES cendol di Madrasah Al Wathoniah Klender Jakarta Timur, Es nya diambil segelas tanpa permisi apalagi bayar... he heee... Namun si tukang es hanya geleng geleng kepala tanpa komentar. Sempat mau marah namun diberitahu oleh satpam yang mengenal sang Habib, lalu si tukang Es hanya diam. Begitu selesai, tak berapa lama setelah sang Habib pergi serombongan orang entah dari mana memborong semua Esnya dengan bayaran lebih hingga tidak perlu berjualan hingga larut malam... benar benar laris manis...

Masih banyak lagi kisah tentang beliau yang saya dengar, namun segini dulu saja ya,,, takut gak baik akibatnya dengan persepsi yang beragam warna... Saya hanya pesan bila dan barangkali suatu waktu anda ketemu sang habib eksentrik itu kemudian tiba tiba istri/suami anda atau anda sendiri dibentak-bentak dan dimaki-maki sebaiknya anda diam dan bersabar... biarkan beliau sesukanya toh kita tidak tau kehendak Allah yang bisa saja melalui perantara beliau dan Hanya Allah lah Sang Maha Tahu...

Alhamdulillah Beliau masih ada semoga Allah merahmati beliau... Jika anda berkeinginan menemuinya sebaiknya bersihkan hati anda dan anda siap dengan keanehan yang akan anda hadapi. Bisa jadi anda dicuekin tanpa diperdulikan atau malah beliau asyik memetik gitar arab mexico kesayangannya.... qiqiqi... kita tidak tahu pastinya tergantung ukuran hati dan jiwani anda. Dan sebaiknya hanya pasrah diri dengan keadaan yang anda terima... Wallohu’alam. Bagi yang anti tasawuf silahkan cari beliau biar ditabok sekalian mana tau nyadar....,qiqiqi maaf... canda...

Menurut seorang kerabat beliau bernama Sania ibrahim. Untuk dapat bertemu dengan Habib Syaikhon mudah saja asalkan punya niat yang baik untuk bersilahturahim. Habib Syaikhon sering berpindah pindah tempat, kadang beliau ada di Makam Ayahnya di Masjid Baidho Lubang Buaya jakarta Timur dan terkadang ada di Gang Nangka Bintara 3. Menurut cerita kalau bertemu beliau akan di sambut Khodam ( jin ) di depan pintu dan hanya orang orang yang sholeh dan punya niat yang baik yang dapat berjumpa dengan beliau. Apapun kata kata Habib Syaikhon dan kelakuan beliau jangan diterjemahkan dan diartikan seenaknya karena yang tahu maksudnya hanya Allah SWT.

Habib Syaikhon Dan Kelakuan Nylenehnya

Berbicara tentang sosok Waliyulloh memang sangat sulit dinalar oleh akal sehat. Kalau jaman dahulu sosok Waliyulloh dapat dijumpai disetiap daerah karena derajatnya ditinggikan dan ditampakkan karomahnya oleh Allah SWT sebagai “Himmatul Ummah”, sosok manusia yang mempunyai kharisma dan karomah tinggi dihadapan Ummat seperti kisah perjuangan Wali Songo. Tapi di jaman sekarang Derajat dan Karomah kewaliaan tidak semua ditampakkan dan banyak Para Waliyulloh menutup diri dari pandangan sifat manusia karena takut terjadi Fitnah ditengah umat. Karena kehidupan manusia yang selalu berubah cenderung kepada kehidupan duniawiyah dan jauh dari ilmu agama.

Ada beberapa pendapat dari teman teman saya yang mengangap bahwa apa yang saya ceritakan tentang Habib Syaikhon mengada ada, mengandung Kufarat, tahayyul. Akan tetapi bagi Waliyulloh kemampuan tersebut bukanlah sesuatu yang beliau cari. Itu adalah anugerah Allah yang diberikan kepada para waliyulloh, karena mereka telah melakukan pengembangan potensi ruh dengan cara melakukan amal khariqul ‘adah (amal ibadah yang melampaui lazimnya kesanggupan manusia). Sehingga Allah pun menganugerahkan kepada mereka kemampuan khariqul ‘adah (kemampuan melakukan sesuatu hal yang berada di luar kemampuan lazimnya manusia).

Teman teman saya yang menolak karamah al-awliya’, disebabkan mereka tidak mengetahui persoalan ini kecuali kulitnya saja. Mereka tidak mengetahui perlakuan Allah terhadap para wali. Sekiranya orang tersebut mengetahui hal-ihwal para wali dan perlakuan Allah terhadap mereka, niscaya mereka tidak akan menolaknya. Penolakan mereka terhadap karamah al-awliya’, disebabkan oleh kadar akses mereka yang terkurung pada dogma semata. Bersungguh-sungguh di dalam mewujudkan kejujuran (al-shidq); bersikap benar dalam mewujudkan kesungguhan sehingga meraih posisi al-qurbah (dekat dengan Allah). Sementara banyak orang buta terhadap karunia dan akses Allah kepada hamba-hamba pilihan-Nya. Demikian juga buta terhadap cinta (mahabbah) dan kelembutan (ra’fah) Allah kepada para wali. Apabila mereka mendengar sedikit tentang hal ini, mereka bingung dan menolaknya.

Karomah yang dimiliki para Wali adalah merupakan sesuatu perkara yang terjadi diluar kemampuan akal manusia biasa untuk memikirkan atau menciptakan. Perkara itu ( karomah) diberikan Allah kepada hamba pilihanNya. Setiap sikap perbuatan dan ucapannya serta keadaan hatinya selalu bergerak dalam khasanah Allah semata.

Oleh karena itu bagi Waliyulloh dengan Karomahnya kadang-kadang tampak keanehan-keanehan baik dalam sikap tindakan dan ucapan yang tidak begitu saja mudah bagi akal manusia biasa untuk memahaminya. Sebagai contoh karomah ialah seperti dapat dilihat adanya peristiwa Maryam yang disebut dalam surat Ali Imron ayat 37. Juga peristiwa Ashabul Kahfi dalam surat Al Kahfi ayat 25, dan tidak berbeda pula halnya dengan Karomah-karomah Para Habaib dan Para Ulama yang saya tulis tersebut. Seperti karomahnya Al Habib Abduloh bil Faqih yang selalu bertemu langsung dengan Rosulullah, begitu pula dengan KH.Hamim Djazuli (Gus Miek) yang melakukan dakwahnya ditempat hiburan malam/diskotik. Begitupun dengan Habib Syaikhon Al Bahar. Semoga Allah dapat mempertemukan saya dan mungkin para muhibbin dengan Habib Syaikhon Al Bahar sekedar mencium tangan dan menjabat tangannya sebagai rasa Mahabbah dan cinta terhadap Ulama dan Waliyulloh.

Begitulah cara Allah menyembunyikan para kekasih Nya... Ada Rahasia Dibalik Rahasia... 

Wallohu a’lam



Judul: HABIB SYAIKHON DAN KELAKUAN NYLENEHNYA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 4.5 user reviews.
By Annang ASWAJA
Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat... Silahkan tulis kritik dan saran di kotak komentar
Barakallahu Fiikum